Langsung ke konten utama

Toilet Training, Ekstra Disiplin dan Ekstra Sabar...

Beberapa waktu lalu,disaat musim hujan melanda, pernah ada ibu-ibu yang nyeletuk ke saya "Fida mah enak ya bun,udah gak pake pospak lagi,udh tau kalo mau ke kamar mandi. Anak saya,masih belum lepas pospak nih,apalagi musim hujan pasti banyak pipisnya,kalo mau lepas takut ngompol". Saya cuma senyum,dan mencoba jelaskan panjang lebar betapa meletihkannya mengajarkan anak lepas popok.. hehehe
Ya,ketika sudah berhasil kebanyakan orang hanya melihat pada hasilnya,gak tau perjuangan dibaliknya,, begitu pula dengan mengajari anak untuk "buang air di toilet".

Waktu anak pertama saya lahir,saya lumayan rajin, di rumah lebih sering pake clodi,kalau stok udah abis baru deh pake pospak.hehe. Waktu anak pertama mah idealis banget, pakenya popok kain,takut iritasi pake pospak. Walhasil saya sukses begadang di bulan-bulan pertama, karena si sulung kalau udah basah kena pipisnya pasti bangun nangis. Mana kalau nangis ampun deh suaranya, bisa kedengeran ampe tetangga. Pas lahiran aja suaranya kedengeran satu klinik.. hihihi.. Tapi selang beberapa bulan udah mulai pake pospak sebelum akhirnya disokong sama clodi.

Ketika umurnya mulai setahunan, si sulung udah mulai saya "catur". Artinya setiap beberpa jam sekali,dibawa ke kamar mandi,waktu itu saya ajarin setiap dua jam sekali dibawa ke kamar mandi. Saya juga diajari ibu saya,untuk catur anak supaya lebih cepat lepas popok. Namun praktek tidak semudah teori saudara-saudara.. Harapannya kan si anak tiap dua jam bisa pipis ya di kamar mandi, tapi kenyataan berkata lain. Si sulung gak mau pipis di kamar mandi,ditungguin ampe 10 menit ampe dibasah-basahin gak mau juga. Begitu baru menginjakkan kaki diluar kamar mandi,dia malah pipis di keset. Ampun deh.. Kadang juga kalau saya masih banyak pekerjaan rumah,riweuh sendiri, suka lupa bawa si sulung ke kamar mandi,walhasil pipis sembaranganlah dia.. gak jarang juga saya berubah jadi monster ibu,dimana si sulung pasti kena marah emaknya gara-gara pipis sembarangan padahal rumah baru di pel dan dia baru dari toilet tapi gak mau pipis!! Hahaha... Tapi setiap dia BAK atau BAB,saya selalu ngomong kalau buang air itu harus di kamar mandi, karena kotor,bau dan nanti bisa jadi sumber penyakit kalau buang air sembarangan. Alhamdulillah lama-lama anaknya juga mengerti dan pelan-pelan dengan sendirinya selalu bilang kalau mau buang air.
Cuma,drama toilet training tidak sampai disitu. Ketika dia sudah mulai mengerti, dan mulai main bareng teman-temannya, ada tragedi lain lagi. Kalau udah keasikan main,anak saya suka nahan pipisnya karena gak mau ketinggalan main sama temennya, walhasil dia sering pipis di celana. Pernah malah ngompol di rumah orang,sampai saya bawa-bawa alat pel buat ngepelin rumah tetangga saya. Ampe saya diledekin ama abang jualan yang lewat.. 😅
Pekerjaan rumah lainnya adalah kalau musim penghujan, malam pasti dingin dong ya.. dan keinginan anak untuk buang air kecil gak bisa dicegah,jadi ya ksdang suka sering ngompol! Sempet kesel juga sih,bolak balik jemurin kasur yang beratnya Naudzubillah,, mending kalo panas, klo seharian masih mendung-mendung juga mah, ngandelin kipas angin ama lampu kamar aja biar rada kering,trus balik deh pake side B supaya gak kebauan ompol.. hehehe. Nah kalau anak saya udah mulai ngompol,di tengah malam suka saya bangunin, diajak ke kamar mandi, dicebokin dan diganti bajunya. Emang sih awalnya nangis-nangis,lagi enak-enak tidur dibawa ke kamar mandi disiram air dingin pula. Tapi lama-lama ngerti juga,dan jadi kebiasaan kalau mau pipis harus bangun dulu.

Mengajari anak bisa buang air di kamar mandi memang gak gampang (dan banyak nyebelinnya, 😆)  ternyata,saya  harus ekstra  sabar.. Sabar untuk menahan emosi dan sabar ngoceh terus kasih tau adab buang air supaya anak mengerti..hehe

Saya gak kebayang orang jaman dulu yang punya banyak anak dan belum ada pospak,, betapa hebatnya mereka,, saya baru ngadepin satu udah kayak begini,, hehe 😅

Semangat ya untuk mengajarkan anak toilet training. Karena semuanya akan menjadi kebagahiaan tersendiri ketika anak sudah mulai mandiri untuk bisa buang air.. 😊

Semoga saya bisa lebih baik lagi mengajarkan toilet training sama anak saya yang kedua...dan semoga anak yang kedua lebih cepat lepas popok (biar irit isi dompet) 😆😆
Semoga...
Aamiin... hehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terdampar dan Tersesat (2)

Okeh, kembali ke cerita PKLP saya di Alas Purwo jilid II yang udah terlalu lama rilisnya (diprotes nih sama si Emak, hehe =P ), maka saya akan kembali mengingat memory akan kejadian lain yang tak terlupakan disana. Yak, sesuai judulnya kita “Tersesat!”  atau bahasa kerennya “Lost In The Jungle” (yang terdampar udah ada di jilid I, J ).  Nah, hari itu memang jadwal kami untuk mengambil data mengenai debit air ke salah satu Gua di dalam hutan yang berada di Resort Rowobendo.  Gua Bashori namanya, dan disanalah salah satu tempat sumber air yang mengalir ke Resort ini. Untuk mencapai gua ini, kita harus masuk tepi hutan di padang  penggembalaan sadengan. Sedikit cerita mengenai padang sadengan, padang penggembalaan ini merupakan habitat dari kawanan Banteng dan rusa, untuk makan dan minum. Tidak hanya itu, merak dan jenis burung lain juga terkadang berada di tempat ini. Karena hutan yang kita lewati  masih merupakan home range (wilayah jelajah) banteng, maka sepanjang jalan tid

Gemblong Semangit

"Gemblong Semangit". Ya itulah sebutan untuk "proyek percobaan" buat gemblong dalam rangka ngisi waktu liburan. hehehe Sebenarnya, awalnya agak malas-malasan juga buatnya, tapi berhubung si bapak udah semangat 45 ngambil ini itu, dan gak berhenti ngoceh klo anaknya gal bantuin, maka diputuskanlah untuk ikut serta meramaikan pembuatan jajanan gemblong di rumah. :D Oia, namanya disebut "gemlong Seamangit" adalah karena baunya yang gosong! Gosong?! yup! itulah yang terjadi di awal proses pembuatan gemblong ini. hehehe Berhubung waktu ngukus ketan ama kelapanya ditinggal, dan seisi rumah gak pada ngeh klo ternyata ibu lg masak ketan, maka terjadilah tragedi gosongnya ketan itu. hehehe ^^v Tapi pas dilihat-lihat masih oke juga tu ketan, maka perjuangan membuat gemblong dilanjutkan. Berhubung yang paling ngebet pengen makan gemblong adalah Bapak, maka yang paling semangat buat numbuk ketan mpe halus adala beliau. Gw?? Seperti biasa, cuma bantuin nyomot2 ketan

Bolu Air (bolu ekonomis, less egg)

Kembali lagi ke dapur saya dengan eksperimen kue bolu. Kali ini saya mencoba membuat bolu air, apakah itu bolu air? Pada umumnya, pembuatan bolu itu pengocokan pertamanya dengan menggunakan mentega/margarin dengan gula dan beberapa telur. sebisa mungkin bolu biasanya menghindari air atau kondisi basah karena dikhawatirkan bolu menjadi batat atau tidak mengembang nantinya. Nah, bolu air ini berbeda. Pengocokannya menggunakan air, dan tidak memakai mentega/margarin sama sekali dalam pembuatan adonannya. Seperti namanya, bahannya menggunakan air. Awalnya saya melihat resep bolu ini dari akun Instagramnya mba tya rahmatya. Katanya enak, dan lagi trend juga di grup ncc. Makanya, saya mencoba membuatnya. Bolu ini juga hanya menggunakan 1 butir telur lho saudara-saudara,, sangat ekonomis bukan?.  Tapi perlu diingat, bahan sp pada resep ini wajib dipakai, karena kalau tidak dipakai, adonan tidak akan mengental dan mengembang saat dikocok. Karena menggunakan air, makanya perlu tambahan sp ini