Langsung ke konten utama

Yang Jadul

Aloha!! Udah lama juga ternyata blognya gak diisi. Maklum, lagi gak ada ide n sedikit males juga sih. hehehe
Sambil bersihin sarang laba-laba disini, saya mau buat tulisan tentang 5 barang yang jadul versi saya. Sebenarnya gak jaman dahulu kala banget sih, cuma disini saya masukkan ke kategori itu karena sekarang barang-barang itu udah jarang banget atau gak pernah lagi dipake. Usut punya usut, ternyata barang-barang ini tergeser oleh barang-barang baru yg lebih instan, praktis, dan mungkin lebih high technology. Yah,, tulisan ini sedikit membuat nostalgia di jaman dulu juga lah ya... Hehehe =D
Oke, ini dia 5 barang jadul versi saya:

1.  Telepon Umum
Dulu, ini telepon yang suka mangkal di pinggir-pinggir jalan pasti laku keras deh dipake ama warga. Saya termasuk salah satu penggunanya. Karena jaman dulu HP belum ada, kalaupun ada harganya masih selangit, jadi ya,, telpon rakyat ini yang masih bersahabat dengan anak-anak kecil kayak saya (dulu) yang kerjaannya cuma mau ngisengin orang dan juga para ABG yang mau pacaran dengan modal pas-pasan. Dulu ada telp rumah sih, tapi kan dulu harga pulsanya mahal, dan biasanya para ibu-ibu rumah tangga selalu ngegembok telp di rumah supaya tagihan telp gak meledak!termasuk di rumah saya. hehe
Sebenarnya itu gak ngaruh banyak ke saya, wong saya masih kecil, tapi buat om saya itu ngaruh banget.. (Info: saat itu om saya masih kuliah dan punya pacar!). hihihi. Dan saya inget banget, om saya sampe ngelobangin uang koin seratus rupiah yang ada gambar wayangnya, trus dikasih tali. Katanya supaya abis nelp, koinnya bisa ditarik lagi, jadi bisa dipkae berulang-ulang. Gak tau deh berhasil atau gak =P.  Nah kesimpulannya menurut saya adalah uang logam seratus rupiah sangat-sangat berharga saat itu. :)

Nah pertanyaannya, bagaimanakah nasib telp umum sekarang? Ternyata dia masih ada kok. Masih suka mangkal dipinggir jalan :). Tapi mungkin udah gak ada atau jarang orang yang pake. Secara, udah ada HP, gak usah repot-repot nyari koin, tinggal sms, pesen nyampe.
Eh tapi jangan berpikir telepon umum yang ada sekarang masih kayak dulu lho.. telpon umum sekarang udah lebih canggih, udah disesuaikan dengan perkembangan jaman. Yah walaupun masih harus pake koin juga sih, tapi sekarang udah bisa dipake buat nelp ke HP dan interlokal!. Bisa pake koin 100, 200, 500 dan 1000. Suaranya juga lumayan jelas kok.. =D. Kok bisa tau? Bapak eneng tukang benerin telepon umum ya? Karena eneng telah meng-kring-kring kan hatiku! #Ups, Halah!! (Mulai ngaco..) Hehehhe ^_^v
jadi yang bener begini ceritanya....
Dua hari yang lalu, saya dan si dieta nyari makan di pasar bogor waktu jam istirahat makan siang. Eh ketemu ama telepon umum ini, dan iseng-iseng kita nyoba nelp ke HP dari telp umum. Eh bisa,, dengan modal 500 perak bisa nelp selama 31 detik. Lumayan kan?. seenggaknya bisa dipake, klo kepepet. Misalnya pas nyasar, trus pulsa abis, trus gak nemu tukang jualan pulsa, gak ada duit pula.. Nah lho,,, bisa dipake tuh telp umum dgn modal 500 perak! Hehehe.. =D


2. Surat
Sekarang udah gak jaman lagi kali ya kirim surat buat temen atau sodara yang jauh.  Udah ada HP/email/chat yang lebih praktis, simple dan tentu saja berita jauh lebih cepat sampenya. Tapi kadang-kadang saya kangen dengan adanya surat =D. Kalau menurut saya, surat-menyurat itu ada seninya (ceileh,,, gaya bener... =P).
Dulu, waktu saya masih SMP, pas pertama pindah dari Banda Aceh, saya suka berkirim surat ama teman. Jadi, kalau ada surat nyampe di rumah rasanya seneng banget. Langsung buru-buru dibuka, penasaran banget ama isinya.Trus lewat surat, kita bisa nulis seenak jidat, apa aja, panjang kali lebar kali tinggi pun gak masalah, asal tangannya gak gempor aja buat nulis. Tapi disitulah seninya (lagi-lagi menurut saya). Seenggaknya, yang kita kirim itu adalah hasil karya tulisan tangan kita (mau jelek atau bagus tulisannya, yang penting bisa dibaca) buat teman-teman jauh =D. It means, that we did a little bit sacrifice to someone else (friends or family).. =). Dan setelah saya bongkar muat barang yang ada di kamar, saya nemu satu surat dari teman saya dulu.. Ternyata yang tersisa cuma satu,, surat-surat yang laennya udah ada di negeri antah berantah. Hehehe
The letter that left in my room

3. Kamera
Jaman sekarang kayaknya udah susah deh nemu orang yang moto-moto pake kamera film. Sekarang kan kebanyakan udah pake kamera digital, yang kalo abis foto bisa dilihat hasilnya, kalau bagus ya disimpen, kalo jelek tinggal didelete. Kalo mau lebih fokus dan cahaya kurang bagus, bisa diubah-ubah pengaturannya. Sedangkan kamera film lebih ribet, kita harus beli filmnya dulu, dan kalo mau lihat hasilnya, harus ke studio foto buat dicetak. Untuk urusan pengambilan gambar pun pengaturannya gak bisa banyak yang diubah. Apa yang udah difoto, ya itulah yang jadi. Tapi kelebihannya adalah hasilnya lebih orisinil. Kalo yang ambil bagus, ya hasilnya bagus, tanpa bisa diedit-edit.
Nah, ternyata di rumah saya masih punya kamera film ini lho.. =D. Saya udah niatin kok, mau nyoba mengeksplor kamera ini lagi, tapi gak tau kapan. Karena saya juga agak males mampir ke studio foto buat beli filmnya. Eh masih ada gak ya yang jual? hehehe. Adakah yang berniat bergabung dengan saya untuk mengeksplorasi kamera ini lagi? Uji coba dikitlah.. Hehehe
This is my camera :D



4. Walkman dan Kaset
Masih ingetkah sodara-sodara dengan alat elektronik yang kecil ini?



Yoi, Walkman! Dulu, waktu saya masih kecil dan beranjak abg, walkman ngetrend lho.. Alat kecil (untuk ukuran saat itu) yang bisa nyetel radio dan kaset dan bisa dibawa kemana-mana. Bicara tentang kaset,  sepertinya sekarang udah jarang yang ngeluarin deh (bener gak sih??). Terakhir saya mampir ke toko kaset, yang tersedia cuma CD atau VCD aja. Hehehe...
Yups, mungkin barang-barang ini sudah mulai terpinggirkan dengan hadirnya CD atau VCD, serta adanya mp3, yang bisa nyimpen lagu bejibun dibandingkan kalo kita beli kaset yang isinya cuma ada 12 atau 15 lagu. Selain ukurannya yang kecil dan bisa menyimpan banyak lagu, mp3 juga bisa diunduh secara gratis di internet. Hehehe, siapa sih yang gak tergoda? (termasuk saya, =D).
Tapi saya masih punya lho barang-barang lama ini,, walaupun alat pemutar kasetnya udah gak bisa berfungsi normal, tp masih bisa buat nyetel radio kok.. ^_^v
Beberapa kaset di rumah juga masih ada yang masih bisa jalan dengan baik, walaupun kebanyakan pada ngagaleong juga sih bunyinya.. =P

5. Disket
Ada yang kenal gak ama benda berbentuk kotak tipis ini?


Disket!!Yups, Disket! Hari gini?? mana ada yang masih pake disket??.. hehehe
Sekarang disket udah terpinggirkan, dan diganti dengan flash disk yang lebih imut-imut dan bisa muat banyak. Ya iyalah, secara disket cuma bisa memuat 1,4 MB yang kalau dibandingkan sama flash disk bisa memuat 4-8 GB!! Jelas, pada lari ke flash disk dong,, begitu juga saiah..hehehe
Tapi dulu, disket merupakan barang yang sangat-sangat penting buat nyimpen-nyimpen data. Apalagi mahasiswa yang sedang buat skripsi, dan anak sekolah seperti saiah. Saya sempet ngobrol dengan mba-mba yang dulu memakai jasa disket untuk skripsinya. Katanya, dulu satu disket itu untuk nyimpen satu bab skripsi, bahkan ada yang 2 atau 3 disket untuk bab hasil. Jadi, satu skripsi memerlukan minimal 6 disket. Hehehe.. Seenggaknya, barang kecil yang udah terpinggirkan ini dulu pernah membantu dalam meluluskan banyak mahasiswa.. =D
Dan ternyata, di kamar saya masih tersimpan dengan manis satu disket yang dulu saya pake waktu jaman masih sekolah. Saya aja gak tau isinya apa, karena udah gak bisa dibuka lagi. Laptop dan komputer di rumah udah gak menyediakan fasilitas membaca disket!! Hohoho

OK, sekian postingan 5 barang-barang jadul versi saya, yang ternyata barang-barangnya masih nangkring di rumah.. Hehehe

Thanks for visit this page..

Salam,
Muti ^_^v


Komentar

  1. telpon rumah di gembok? hoo~ pantes jomblo yaa sampe gede? Hahahahahahaha!! :D

    BalasHapus
  2. heh, itu kan dulu.. "Dulu" om! hohoho.. =P

    BalasHapus
  3. waaa, pas baca yang bagian surat, jadi ingat zaman dulu punya sahabat pena.. :D

    BalasHapus
  4. 1. Telpon Umum
    gw dulu pacaran nelpon dari warnet terus :D

    2.wah surat cinta...
    dengan surat gw kenal apa itu cinta... :malu
    dan surat2 itu lengkap masih gw simpen sampai sekarang :)

    3. Kamera
    Terakhir punya kamera ini kelas 2 SMA dan kemudian raib di bandara :(

    4.Walkman
    Temen belajar gw waktu SMA nih , gw lebih suka dgr radio dari walkman karena di radio lagu yang diputer lebih beragam :)

    5. Disket
    Terakhir make pas kelas 3 SMA dan kemudian pas kuliah gw dikenalkan dengan kalung dan ternyata FD :ngakak

    BalasHapus
  5. ahaha... pada nostalgia semua nih.. hehehe =D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terdampar dan Tersesat (2)

Okeh, kembali ke cerita PKLP saya di Alas Purwo jilid II yang udah terlalu lama rilisnya (diprotes nih sama si Emak, hehe =P ), maka saya akan kembali mengingat memory akan kejadian lain yang tak terlupakan disana. Yak, sesuai judulnya kita “Tersesat!”  atau bahasa kerennya “Lost In The Jungle” (yang terdampar udah ada di jilid I, J ).  Nah, hari itu memang jadwal kami untuk mengambil data mengenai debit air ke salah satu Gua di dalam hutan yang berada di Resort Rowobendo.  Gua Bashori namanya, dan disanalah salah satu tempat sumber air yang mengalir ke Resort ini. Untuk mencapai gua ini, kita harus masuk tepi hutan di padang  penggembalaan sadengan. Sedikit cerita mengenai padang sadengan, padang penggembalaan ini merupakan habitat dari kawanan Banteng dan rusa, untuk makan dan minum. Tidak hanya itu, merak dan jenis burung lain juga terkadang berada di tempat ini. Karena hutan yang kita lewati  masih merupakan home range (wilayah jelajah) banteng, maka sepanjang jalan tid

Gemblong Semangit

"Gemblong Semangit". Ya itulah sebutan untuk "proyek percobaan" buat gemblong dalam rangka ngisi waktu liburan. hehehe Sebenarnya, awalnya agak malas-malasan juga buatnya, tapi berhubung si bapak udah semangat 45 ngambil ini itu, dan gak berhenti ngoceh klo anaknya gal bantuin, maka diputuskanlah untuk ikut serta meramaikan pembuatan jajanan gemblong di rumah. :D Oia, namanya disebut "gemlong Seamangit" adalah karena baunya yang gosong! Gosong?! yup! itulah yang terjadi di awal proses pembuatan gemblong ini. hehehe Berhubung waktu ngukus ketan ama kelapanya ditinggal, dan seisi rumah gak pada ngeh klo ternyata ibu lg masak ketan, maka terjadilah tragedi gosongnya ketan itu. hehehe ^^v Tapi pas dilihat-lihat masih oke juga tu ketan, maka perjuangan membuat gemblong dilanjutkan. Berhubung yang paling ngebet pengen makan gemblong adalah Bapak, maka yang paling semangat buat numbuk ketan mpe halus adala beliau. Gw?? Seperti biasa, cuma bantuin nyomot2 ketan

Our Great Parents

Ini sebenarnya kejadian sudah cukup lama, sekitar 1,5 bulan yang lalu. waktu itu, sore pulang dari kampus saya naik angkot menuju ke rumah. pas baru aja naik, ada seorang bapak-bapak yang sudah duduk didalam bersama istri dan seorang anaknya. Saat saya baru mengatur duduk di dalam angkot (yang agak heboh dengan gembolan tas ransel berisi laptop dan cukup berat), tiba-tiba bapak tadi bertanya: “adek dari IPB? kuliah disana?” “iya pak” jawabku sambil senyum yang juga masih heboh ngatur letak tas ransel supaya dapat posisi ‘wuenak’. Sebenarnya agak boong dikit si, kan udah gak kuliah lagi.,hehee trus bapak tadi bertanya lagi: “adek jurusannya apa?” “saya di bidang kehutanan pak, jurusan konservasi.” jawabku langsung.. tiba-tiba bapak tadi melanjutkan: “Anak saya juga mahasiswa IPB, baru masuk sekarang.. ini tadi mau masuk asrama tapi karena katanya yg tinggal di sekitar jakarta-bogor boleh masuk besok,jadi besok aja masuknya”.. (kejadiannya pas banget waktu penerimaan mah